Hanya di Banjarmasin 10 Sampah Botol Plastik Bisa Jadi Tumbler Baru | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 30 Januari 2019

Hanya di Banjarmasin 10 Sampah Botol Plastik Bisa Jadi Tumbler Baru

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

BERITABANJARMASIN.COM - Warga kota seribu sungai bersiaplah, Pemkot Banjarmasin bakal memberikan tumbler (botol minum) gratis, 3 Februari 2019. Syaratnya, membawa 10 botol plastik minuman sekali pakai atau 25 gelas plastik air mineral maupun minuman ringan.

Ini dilakukan sebagai penunjang Gerakan 1.000 Tumbler yang dicanangkan Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina. Dengan tujuan menekan jumlah sampah di Bumi Kayuh Baimbay. Penukaran ini bisa anda lakukan di Siring Patung  Bekantan, Banjarmasin Tengah.

"Semoga ini memacu masyarakat Banjarmasin untuk lebih mementingkan kebersihan lingkungan dengan mengurangi sampah plastik yang sangat berbahaya," katanya, kepada jurnalis BeritaBanjarmasin.com, hari ini (30/1/2019).

Sementara itu, untuk penukaran botol maupun gelas minum yang berbahan plastik akan dimulai dari penyerahan botol dan gelas plastik tersebut, dengan satu kupon mulai pukul 6.30-07.15 WITA di Siring Patung Bekantan.

Dilanjutkan dengan penukaran kupon untuk mendapatkan satu tumbler yang dilaksanakan di Siring Menara Pandang dimulai pukul 09.00 - 12.00 siang.

Sebagai informasi, dengan adanya Perwali Nomor 18 tahun 2016 tentang Larangan Penggunaan Plastik di pasar modern dan mini market itu, jumlah pengurangan kantong plastik di Kota Banjarmasin mencapai 51.295.445 lembar per bulan. Keberadaan 14 TPST milik Pemkot Banjarmasin juga membantu mengurangi sampah hingga sekitar 4.045 ton per bulan.

Mengutip dari Kompas.com, kantong plastik berperan cukup banyak terhadap total sampah di Kota Banjarmasin. Karena itulah, perlu diterapkan aturan untuk menguranginya, total sampah di Kota Banjarmasin per harinya mencapai 550-600 ton. 

Dari angka tersebut, lebih dari 10 persennya merupakan sampah plastik. Setelah kebijakan pelarangan kantong plastik diterapkan per 2016, hasilnya mulai tampak. Jika pada 2013, persentase sampah plastik sebesar 15,1 persen maka pada 2018 angkanya menurun jadi 12,77 persen. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner